Monday, June 26Media Muslim

Begini Nasihat Alumni TITEC-Japan Untuk Afi Nihaya

Begini Nasihat Alumni TITEC-Japan Untuk Afi Nihaya

MUSTANIR.com – Pencarian (baca: kegundahan) seorang anak remaja tentang kebenaran agama, menjadi inspirasi sebagian orang tua di negeri ini. Mungkin mereka juga belum selesai dalam pencarian keyakinan sebagaimana anak remaja yang bernama Afi ini.

Alhamdulillah saya telah melewati masa-masa pencarian itu di awal sampai akhir semester kuliah S-1. Dan saya patut bersyukur menemui banyak anak-anak yang lebih muda dari Afi selesai dalam proses pencarian ini.

Bila pencarian Afi ini dibanggakan oleh banyak orang dewasa, maka ini jadi tanda bagi kita untuk lebih giat berdakwah menebar jalan menuju hidayah.

Kadang orang yang sedang mencari terjebak pada kesombongan. Tidak bersedia membuka pikiran dan tidak mau menerima kenyataan bahwa dirinya sedang berada dalam keraguan. Kasihan sekali generasi muda yang dibesarkan oleh orang tua yang belum stabil dengan keyakinan agamanya. Lebih parah lagi bila orang-orang tua ini menganggap pencarian Afi adalah akhir dari sebuah kebenaran dengan menyimpulkan bahwa semua agama adalah benar.

Beragama itu bukan sekedar warisan. Keyakinan pada kebenarannya adalah hasil dari proses intelektual yang bertumpu pada rasionalitas. Proses beragama dengan jalan rasional ini akan membuat seseorang teguh dengan agamanya dan lebih dewasa menyikapi perbedaan keyakinan. Bagiku agamaku dan bagimu agamamu tidak berhenti sebagai slogan. Walhasil, mereka tidak mudah terjebak pada framing-framing pemecah belah seperti anti kebhinekaan dan mereka juga tidak mudah menebar kebencian. Mereka bersikap lebih elegan dalam menjalani kehidupan yang multi keyakinan. Tidak menjadi pribadi yang mudah berbasa basi atau rela mengorbankan keyakinan untuk dinilai sebagai pribadi yang baik hatinya []

Jogja, 29/5/2017 – 3 Ramadhan 1438 H

*Sumber: fb nopriadi hermani (29/5/2017)
Oleh : Nopriadi Hermani, Ph.D
Doktor Robotik, Alumni Tokyo Instituti of Technology Japan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *