Monday, June 26Media Muslim

Bila Amar Ma’ruf Nahy Munkar Tidak Penuhi Syarat, Doa yang Tidak Diijabah Akan Selalu Dekat !

Bila Amar Ma’ruf  Nahy Munkar Tidak Penuhi Syarat, Doa yang Tidak Diijabah Akan Selalu Dekat !

MUSTANIR.com – Banyak pemeluk agama yang putus asa, karena berpikir, beragama itu bertransaksi INSTAN dengan Tuhan. Jadi kalau mereka berdoa, maka Tuhan harus segera mengabulkan sesuai keinginan mereka.

Faktanya tidak demikian. Jutaan orang-orang shaleh yang bahkan dalam situasi terdhalimi, yang berdoa di tempat dan saat mustajab (semisal pengungsi Palestina berdoa di depan Ka’bah di malam Lailatul Qadar), tetap saja nasib mereka hingga kini tidak banyak berubah.

Fenomena ini melanda semua kelas sosial, ada di kalangan miskin atau berpendidikan rendah, maupun orang-orang kaya dan intelektual. Juga ada di semua agama, artinya juga pada mereka yang mengaku dirinya muslim.

Memang Allah di QS at-Taubah:111 berfirman:
“Sesungguhnya Allah telah MEMBELI dari orang-orang mukmin, diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka”,

lalu di QS al-Mu’min:60:
“BERDO’ALAH kepada-Ku, niscaya akan Ku-perkenankan bagimu”

tetapi di QS Ali-Imran:142 Allah juga berfirman:
“Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum nyata bagi Allah orang-orang yang berjihad di antaramu, dan belum nyata orang-orang yang sabar ?”.

Jadi kita tetap harus sabar mengubah apa yang bisa kita ubah dengan pikiran, tenaga, harta bahkan nyawa kita, jika itu memang syaratnya. QS Ar-Ra’ad:11 berbunyi:
“Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan suatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri”.

Kita harus melakukan apa bagian kita.
Lalu kita berdo’a agar Allah melakukan yang merupakan prerogatif-Nya. Jangan pernah “memaksa instan” Allah untuk melakukannya. Jangan pernah ragu, Allah Maha Bijaksana atas rencana-Nya untuk kita! Jangan pernah putus asa pada-Nya.

Mengirim dana dan do’a untuk Gaza Palestina itu bagus, Tetapi mengirim tentara yang cukup perkasa untuk membebaskannya, pasti lebih bagus.

Apa artinya dana besar bermilyar dollar? Masuknya ke Gaza lewat terowongan, karena ada pagar ! Dan ketika rumah sakit telah jadi atau sekolah selesai dipugar, Eh tiba-tiba jatuh roket-roket Israel menghajar ! Semuanya jadi buyar ….

Dan do’a tentu saja bermanfaat! Kalau tidak dosa kita diampuni, setidaknya ini perintah syari’at. Tapi Nabi mengancam: bila amar ma’ruf nahy munkar tidak penuhi syarat, doa yang tidak diijabah akan selalu dekat !

Maka mengirim tentara yang cukup perkasa itu suatu keniscayaan ! Perang mengusir Israel dari bumi Islam itu suatu kewajiban! Tapi ingat, Arab memerangi Israel, itu sudah berulang dilakukan ! Yang besar tahun 1948, 1967, 1973 dan hasilnya: kalah memalukan !

Maka mari kita muhasabah, kenapa itu bisa terjadi? Itu karena Israel dibantu Amerika, dengan dana, senjata dan diplomasi. Sementara umat Islam centang perenang di 50 negeri. Seakan Palestina itu urusan Arab, lalu PLO, lalu Hamas saja sendiri.

Itulah, maka saatnya umat Islam bersatu dengan ikatan yang benar, Bukan nasionalisme, bukan arabisme, tetapi Khilafah yang tegar, Satukan Arab dengan Maroko hingga Merauke, dunia Islam yang besar. Diwujudkan dengan iman yang kuat, niat yang ihlas, dan gemar belajar.

Maka kalau khilafah mempersatukan, Amerika bukan apa-apa lagi. Kalau Amerika tidak membantu, maka berakhirlah nasib negara Yahudi, Palestina kembali ke pangkuan Islam, warga Yahudi jadi kafir dhimmy, Dan keadilan Islam dapat mendorong mereka jadi muallaf suatu hari nanti. []

Judul asli: Doa (Kajian Ringan Bulan Ramadhan #3)
Penulis: Prof. Dr.-Ing. H. Fahmi Amhar

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *