Monday, October 23Media Muslim

Kunci Sukses Bisnis Agung CEO Simply Group #2

Mengapa bisnis sesuai syariah ? #2
Selanjutnya pokok bahasan kenapa kita harus berbisnis sesuai syariah ? Karena bisnis syariah adalah bisnis yang men-junjung tinggi hal-hal yang mulia dan kedepankan kejujuran, keadilan, jauh dari perkara tipu muslihat dan kezaliman.

Ini adalah hal-hal universal yang diinginkan oleh setiap manusia dalam kehidupannya (fitrah), seperti kita tahu perusahaan yang berhasil adalah perusahaan yang mampu secara konsisten terus jaga nilai-nilai kebaikan dalam perusahaannya, sehingga sangat dipercaya baik oleh konsumen, pemodal, maupun para mitra kerja termasuk suplier di dalamnya.

Dan luar biasanya syariah telah berikan seperangkat aturan yang lengkap agar semua itu bisa direalisasikan. Kita tidak perlu pusing mana batasan baik dan buruk, karena setiap apa yang ditetapkan syariat pastilah itu sesuai fitrah manusia dan pastilah disana ada kebaikan hikmah besar di dalamnya.
Bahkan perusahaan-perusahaan saking sadar pentingnya nilai-nilai dalam perusahaan dibuatlah sebuah konsep Good Corporate Governance (GCG), yaitu sebuah “KOMITMEN, ATURAN MAIN, SERTA PRAKTIK PENYELENGGARAAN BISNIS SECARA SEHAT DAN BERETIKA”

GCG sampai diwajibkan juga di perusahaan-perusahaan BUMN sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Mentri Negara BUMN Nomor Per-01/MBU/2011.

GCG Di latar belakangi di Amerika Serikat yang harus lakukan restrukturisasi corporate governance sebagai akibat market crash pada tahun 1929. Krisis keuangan yang terjadi di Amerika Serikat saat ini juga ditengarai karena tidak diterapkannya prinsip-prinsip GCG, beberapa kasus skandal keuangan seperti Enron Corp., Worldcom, Xerox dan lainnya libatkan top eksekutif perusahaan tersebut gambarkan tidak diterapkannya pronsip-prinsip GCG.

Corporate governance yang buruk juga disinyalir sebagai salah satu sebab terjadinya krisis ekonomi politik Indonesia yang dimulai tahun 1997 yang efeknya masih terasa hingga sekarang.

Inilah buktikan bahwa segala sesuatu yang SESUAI SYARIAT pasti TERKANDUNG MASLAHAT (Kebaikan) di dalamnya!

Semakin dalam pelajari.. Semakin kuat-lah iman ini..

Like/share supaya semakin banyak yang dapat manfaat, nantikan episode berikutnya.. [agungnugrohosusanto.com]

Agung Nugroho Susanto

Share Button
Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *